Ekonomi

Kebijakan ekonomi Partai Amanat Nasional bertujuan mewujudkan kesejahteraan sosial, lewat kemakmuran yang berkeadilan, dengan berlandaskan moralitas serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Kemakmuran ditopang oleh tiga pilar utama, yakni pertumbuhan yang dinamis, stabilitas dan efisiensi. Sedangkan keadilan disangga oleh kebebasan, persamaan dan tertib sosial.

Pembangunan ekonomi tak mengenal perbedaan ras, suku, dan agama. Partai Amanat Nasional memperjuangkan pemberian kesempatan yang sama bagi semua aktor untuk mewujudkan segala potensi yang dimilikinya bagi penguatan daya saing nasional.

Pemberdayaan pengusaha kecil dan koperasi lebih ditekankan pada penghapusan segala hambatan usaha dan kontrol karena karakteristik alamiah yang melekat padanya dan sebaliknya memperlancar bagi terkuakkannya faktor-faktor dinamis yang dimilikinya. Partai Amanat Nasional memperjuangkan kebebasan koperasi dari kekangan birokrasi dan alat politik penguasa.

Strategi pembangunan Orde Baru yang terbukti membangkrutkan ekonomi bangsa, mesti ditinggalkan. Partai Amanat Nasional menginginkan suatu strategi lain untuk membangun Indonesia baru, yang mendasarkan diri pada berbagai faktor secara menyeluruh dan memihak kepada mereka yang lemah.

Ekonomi diatur berdasarkan sistem perekonomian pasar yang kuat, lentur dan dapat dengan cepat mengatasi krisis. Perekonomian itu disusun bersamaan dengan penataan kehidupan politik yang demokratis, tegaknya hukum dan pranata sosial yang mendukungnya. Partai Amanat Nasional berkeyainan bahwa kebijakan ekonomi mesti menjamin kesempatan kerja, meningkatnya produktivitas dan kesejahteraan umum.

Partai Amanat Nasional berpendirian bahwa tujuan pembangunan nasional hanya bisa terwujud dengan menegakkan persaingan yang sehat serta pengerahan seluruh potensi bangsa bagi kesejahteraan sosial yang berkeadilan. Untuk itu mekanisme pasar harus diimbangi dengan penegakan pemerintahan bersih dan efektif untuk memungkinkan terciptanya keserasian antara kepentingan perseorangan dan kepentingan masyarakat. Peran pemerintah lebih ditekankan pada penciptaan jaring-jaring pengaman dan kebijakan menyetarakan peluang di antara berbagai pelaku ekonomi dengan memperhatikan asas keadilan.

Kemiskinan, lapangan kerja, dan kesempatan usaha

Partai Amanat Nasional memprioritaskan agenda pembangunan yang mengangkat penduduk dari lembah kemiskinan, memerangi pengangguran, dan memperluas kesempatan berusaha merupakan prioritas utama di dalam agenda pembangunan Partai. Penanganan yang bersifat segera dan tak bisa ditunda-tunda lagi diupayakan dalam kerangka penguatan sendi-sendi ekonomi yang menjamin pembangunan yang berkelanjutan.

Pertumbuhan ekonomi yang dinamis.

Karunia sumber daya alam dan manusia adalah modal dasar penggerak mesin perekonomian. Untuk mengembalikan aliran investasi dan teknologi, Partai Amanat Nasional memperjuangkan pulihnya kepercayaan masyarakat domestik dan internasional pada sistim perekonomian dan politik Indonesia. Perpaduan antara modal dasar dan kepercayaan inilah yang akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang dinamis.

Kebijakan yang sekedar mengejar pertumbuhan yang setinggi-tingginya dengan membiarkan perilaku lebih besar pasak daripada tiang harus benar-benar ditinggalkan. Yang harus dikedepankan adalah perilaku hemat dan kemandirian yang didasarkan pada penguatan sendi-sendi daya saing bangsa di tengah terpaan gelombang globalisasi.

Meningkatkan produktivitas nasional

Partai Amanat Nasional bertekad meningkatkan daya saing nasional dengan meningkatkan produktivitas bangsa agar bisa memiliki kedudukan yang menguntungkan di dalam kancah persaingan global. Produktivitas bangsa adalah kata kunci untuk peningkatan daya saing nasional.

Memelihara stok modal

Selama masa transisi menuju perekonomian yang lebih stabil, Partai Amanat Nasional mengarahkan upaya untuk memelihara stok modal yang ada agar tidak menjadi onggokan barang mati tak bermakna, karena terkikis oleh gelombang krisis berkepanjangan. Hal ini penting untuk mempercepat pemulihan ekonomi tatkala momentumnya tiba. Penciptaan lapangan kerja lewat program kilat akan diprioritaskan pada bidang ini.

Pemberdayaan usaha kecil dan menengah

Keterpurukan usaha kecil dan menengah (UKM) selama ini lebih disebabkan karena perlakuan diskriminatif yang lebih mengutamakan usaha besar dengan serangkaian kebijakan yang protektif, pemberian fasilitas khusus, dan berbagai kebijakan yang distortif lainnya. Dengan kesadaran bahwa pada hakekatnya UKM memiliki dasar yang cukup kokoh dan dinamis tanpa bantuan pemerintah sekalipun, maka strategi Partai Amanat Nasional dalam pemberdayaan UKM harus berawal dari penghapusan segala hambatan yang selama ini membelenggu UKM.

Partai Amanat Nasional memperjuangkan terbukanya peluang yang seluas-luasnya bagi UKM untuk menjadi pengusaha-pengusaha yang besar dan tangguh. Untuk itu, Partai Amanat Nasional bersifat proaktif dalam memperkokoh landasan kelembagaan dan menjungjung tinggi persaingan sehat.

Kebijakan Afirmasi

Partai Amanat Nasional menghendaki suatu kebijakan ekonomi yang memihak kepada mereka yang lemah. Politik affirmasi di sektor ekonomi ini, sangat penting untuk mendukung terciptanya keadilan bagi masyarakat luas, karena ketimpangan ekonomi dalam masyarakat terlanjur terlalu parah akibat pembangunan ekonomi Orde Baru yang mementingkan segelintir pemodal dan penguasanya, terutama lewat praktek-praktek Nepotisme, Kolusi dan Korupsi.

Pembangunan Daerah

Partai Amanat Nasional memadukan pendekatan makroekonomi dan aspek kedaerahan untuk menghasilkan pembangunan yang lebih dinamis dan merata antar daerah. Keberagaman potensi dan karakteristik daerah justru merupakan penggerak dinamika pembangunan yang didasarkan pada otonomi daerah. Otonomi menempatkan daerah sebagai pelaka sentral dalam mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan berbagai persoalan lokal yang unik, sehingga bisa meningkatkan efektivitas peran pemerintahan di daerah.

Perimbangan keuangan pusat-daerah

Partai Amanat Nasional telah memperjuangkan perimbangan keuangan keuangan pusat-daerah dan menjamin tatanan yang mencegah pengeringan sumber -sumber daerah, karena keduanya adalah prasyarat bagi diberlakukannya otonomi daerah.

Pemerintahan yang bersih dan efektif

Kunci kepercayaan rakyat pada pemerintah adalah kredibilitas dan pertanggungjawaban yang transparan. Untuk itu Partai Amanat Nasional mendukung penuh peran Komisi Pemberantasan Korupsi yang terus berupaya menindak para pelaku tindak korupsi di pemerintahan. Untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan maka setiap pejabat harus mengumumkan kekayaannya.

Anti Monopoli

Elemen penting dalam kebijakan ekonomi Partai Amanat Nasional adalah kebebasan konsumen dan kebebasan memilih tempat kerja, persaingan berdasarkan hukum dan perlindungan pengusaha kecil dan lemah. UU Perlindungan konsumen dan UU anti monopoli merupakan syarat diwujudkannya keadilan bagi semua. Pembatasan kekuasaan perusahaan besar merupakan tugas pokok suatu kebijakan ekonomi. Negara dan masyarakat tidak diizinkan menjadi mangsa kelompok kepentingan yang terlalu kuat.