Pimpin Apel Bela Negara, Ketua MPR: Bangsa Maju karena Ilmu

695

pan.or.id, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya memaknai bela negara di era kekinian sebagai ikhtiar menjadi bangsa maju dengan Ilmu.

“Mari maknai definisi bela negara dengan pendekatan kekinian. Kita bela negara dengan unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek),” ujar Zulkifli Hasan saat memimpin Apel Kebangsaan Bela Negara yang diikuti seribu lebih Mahasiswa Pancasila dan Perwakilan Pondok Pesantren Al Zaytun. Acara dilaksakan di Halaman Nusantara III MPR, Senin (18/12).

Bagi Zulkifli Hasan karena ilmu pengetahuanlah muncul kesadaran pribadi yang menggerakkan kalangan intelektual yang lahir dan besar di Indonesia tapi malah menjadi kaum yang terpinggirkan. “Tanah dan lahan sampai finansial hingga pemerintahan semuanya dikuasai kaum penjajah,” kata Zulkifli seperti dalam siaran persnya.

Kemudian munculah berbagai gerakan kerakyatan seperti Syarikat Islam, Budi Utomo, Muhammadiyah, Persis, NU dan lainnya. Puncak kesadaran itu adalah keluarnya sumpah sakti ‘Sumpah Pemuda’ lalu berlanjut dengan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu ketika ilmu membuka kesadaran berbangsa, maka sekarang waktunya ilmu pengetahuan menjadi kunci jalan Indonesia yang lebih baik. “Founding fathers kita dekat dengan tradisi ke Ilmuwan sehingga bisa membangun kesadaran rebut kemerdekaan. Sekarang waktunya dengan Ilmu kita wujudkan Indonesia yang lebih maju,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.